Oleh: Abu Mahir Nanang Zakaria,S.Pd.I
Para pembaca
muslim yang dirahmati Allah Ta’ala. Shalat berjamaah merupakan suatu bentuk
amaliah yang mulia. Walaupun dari sisi hukum banyak perbedaan diantara para
Ulama Fiqih.
1.
Hukumnya fardhu kifayah.
Ini merupakan
pendapatnya Imam Syafi’i, Abu Hanifah, jumhur ulama Syafi’iyah mutaqadimin
dan banyak ulama Hanafiyah dan Malikiyah.(Al HAfidz Ibnu Hajar. Fathul Baari)
2. Hukumnya
sunnah muakkad
Ini pendapat
madzhab Hanafiyah dan Malikiyah, Asy-Syaukanie, Sayyid Sabiq. Imam Ibnu Abdil
Barr menisbatkannya kepada kebanyakan ahli fiqih Iraq, Syam dan Hijaaj.
3. Hukumnya
wajib ain (fardhu ‘ain)
Ini pendapat
Ibnu Mas’ud, Abu Musa Al Asy’ariy, Atha’ bin Abi Rabbaah, AL Auzaa’iy, Abu
Tsaur, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibaan, kebanyakan ulama Hanafiyah dan madzhab
Hambali.
Namun sebagai
orang yang beriman, maka panggilan untuk berjamaah di masjid adalah merupakan
tanggung jawabnya untuk menjaga syiar agama, memakmurkan masjid dan mencontoh
sifat shalat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.
Allah Ta’ala
berfirman di dalam Al Qur’an bahwa yang dapat memakmurkan masjid hanyalah
orang-orang yang beriman.
“Sesungguhnya
yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada
Allah dan hari kemudian”(QS. At-Taubah: 18). Semoga dengan tulisan
yang simpel dan ringkas serta disertai dengan dalil-dalil syar’i membuat kita
semangat dalam memakmurkan masjid, terutama menjaga shalat berjamaah di masjid.
Dalil-Dalil
Keutamaan Shalat Berjamaah
a. Al-Qur’an
“Dan apabila
kamu berada bersama mereka lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama
mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) bersamamu,…” (QS.
4:102)
“Dan
dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah bersama orang-orang yang
ruku’“.[QS. Al Baqarah :43]
b. Al-Hadits
عن ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم: صلاة
الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة (متفق عليه)
Ibn Umar
radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,
“Pahala shalat brjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat
yang dikerjakan sendirian”(HR. Al Bukhary dan Muslim)
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
صلاة الرجل في جمـاعة تضعف على صلاته في بيته وسوقه خمسـا وعشرين ضعفا زذلك أنه
إذا توضأ فأحسن الوضوء ثم خرج إلى المسجد لايخرج إلا الصلاة لم يخط خطوة إلا رفعت
له بها درجة وحط عنه بها خطيئة فإذا صلى لم تزل الملائكة تصلى عليه مادام في مصلاه
مالم يحدث : اللهم صل عليه اللهم ارحمه ولا يزال في صلاة ما انتظر الصلاة(متفق
عليه)
Dari Abu
HUrairah Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
besabda, “(Pahala) shalat seseorang yang dilakukan dengan berjamaah akan
dilipatgandakan duapuluh lima derajat daripada shalat yang dikerjakannya
di rumah atau di pasar. (keutamaan ini disebabkan) jika ia berwudlu lalu
menyempurnakan wudlunya, lalu keluar menuju masjid dengan niat semata-mata
untuk mengerjakan shalat maka setiap langkah kaki yang diayunkan akan dibalas
dengan diangkat derajatnya dan dihapus kesalahannya. Jka ia mengerjakan shalat,
maka malaikat senantiasa
berdoa untuknya selagi ia masih berada di dalam masjid itu dan dalam keadaan
suci, doa mereka adalah: Ya Allah rahmatilah ia, sayangilah ia. Dan ia
senantiasa dicatat dalam keadaan shalat selama ia menunggu shalat berikutnya. (HR.
Al-Bukhory dan Muslim)
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: أتى النبي صلى الله عليه وسلم رجل
أعمى فقال يا رسول الله ليس لي قائد يقودني إلى المسجد فسأل رسول الله صلى الله
عليه وسلم أن يرخص له فيصلي في بيته فرخص له فلما ولى دعاه فقال له هل تسمع النداء
بالصلاة؟ قال نعم قال فأجب (رواه مسلم)
Dari Abu
Hurairah radhiyallahu anhu berkata, “Ada seorang buta yang datang kepada
Nabi shallallahu alaihi wa sallam lalu berkata, “Wahai Rasulullah aku tidak mempunyai
penuntun jalan yang mengantar aku menuju masjid”. Maka ia meminta kepada
Nabi shallallahu alaihi wasallam agar memberikan keringanan untuk mengerjakan
shalat di rumah, dan beliau memberikan keringanan itu. Namun ketika ia pergi
Rasulullah memanggilnya kembali seraya bersabda, “Apakah kamu mendengar
panggilan untuk shalat?”Ya, jawabnya, Lantas Rasulullah bersabda,”kalo begitu
kamu wajib datang ke masjid untuk berjamaah. (HR. Muslim)
عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال والذي
نفسي بيده لقد هممت أن آمر بحطب فيحتطب ثم آمر رجلا فيؤم النـاس ثم أخلفه إلى رجال
فأحرق عليهم بيوتهم (متفق عليه)
Dari Abu
Hurairah radhiyallahu anhu meriwayatkan, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam bersabda, “Demi Allah yang jiwaku dalam genggaman-Nya. Aku
bermaksud menyuruh orang-orang untuk mengumpulkan kayu bakar, kemudian menyuruh
seseorang untk menyerukan adzan, lantas menjadi imam. Lalu aku mendatangi
orang-orang yang tidak ikut berjamaah, maka aku bakar rumah-rumah mereka”.(HR.
Al-Bukhary dan Muslim)
عن أبي درداء رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم
يقول مامن ثلاثة في قرية ولا بدو لا تقام
فيهم الصلاة إلا قد استحوذ عليهم الشيطـان فعليكم بالجمـاعة فإنما يأكل الذئب من
الغنم القـاصية (رواه أبو داود والنســاء)
Dari Abu Darda’
Radhiyallahu anhu berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam bersabda, “Jika ada tiga orang berada di sedua desa atau kampong,
lalu tidak dilaksanakan shalat berjamaah di tempat itu, maka mereka telah
dikuasai oleh syetan. Hendaklah kalian melaksanakan shalat berjamaah sebab
hanya kambing yang terspisah dari kawanannya (tersesat) yang akan dimakan
serigala.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasai)
Demikian
dalil-dalil syar’I tentang anjuran, peringatan dan keutamaan shalat berjamaah
di masjid. Dengan demikian, sebagai seorang yang mengikuti ajaran Rasulullah
dan sebagai orang beriman cukuplah dengan dalil-dalil ini untuk senantiasa
mengikuti dan mengamalkan, Sebagaimana ciri khas seorang yang beriman adalah “Sami’na
wa atho’na” (kami mendengar dan kami menaatinya). Semoga Allah memberi
kemudahan dan kekuatan kepada kita untuk selalu meringankan kaki kita melangkah
memakmurkan masjid-masjid Allah. Amiien.
Pontianak, 24 Februari
2012/2 Rabi’ul Akhir 1433
Alhamdulillah bermanfaat
BalasHapus