Diberdayakan oleh Blogger.

Translate


RSS

Rabu, 28 September 2011

ISLAM MENGAJARKAN RAMAH PADA LINGKUNGAN

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ikhwatii Fiellah yang dirahmati Allah

Sesungguhnya Islam mengajarkan kepada manusia untuk menjaga dan memelihara bumi ini. sebab salah satu tujuan penciptaan manusia di bumi ini adalah agar menjadi khalifah yang salah satu tugasnya adalah menjaga keseimbangan ekosistem. Tidak merusaknya, apalagi menghancurkannya. Allah تعالى mengizinkan kita untuk mengolah bumi ini, namun harus tetap memperhatikan kelestarian dan tetap menjaga serta merawatnya, agar tetap berada pada fitrahnya. Sebab kerusakan alam ini telah dijelaskan oleh Allahتعالى, adalah akibat ulah tangan manusia

ظهر الفساد في البر والبحر بما كسبت ايدى الناس ـ ـ ـ الروم : 41
Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh ulah tangan manusia.... (ar-ruum: 41)
Seorang mukmin hendaknya merasa bahwa dirinya mengemban amanat mulya dari Allah untuk menjaga, merawat dan melestarikan bumi ini. sebab hanya orang-orang munafik yang mengadakan kerusakan di muka bumi ini, sebagaimana firman Allah تعالى di dalam surat Al Baqarah : 11 - 12, yang artinya:
"Dan apabila dikatakan kepada mereka 'Janganlah berbuat kerusakan di muka bumi' mereka menjawab' sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan'. Ingatlah sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari. (al Baqarah : 11-12)

Ikhwatii fillah
Marilah kita jaga amanat agung ini demi sempurnanya iman kita, bukankah salah satu dari cabang kesempurnaan iman adalah النطافة من الإيمان  (kebersihan bagian dari pada iman). Mari kita dukung program menanam 1000 pohon, buang sampah ditempatnya, tidak melakukan illegal loging, dan tetap menjaga, merawat dan melestarikan alam ini demi Dzat yang menciptakan kita, Allah تعالى.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Abu Mahir Ats-Tsaqafy Zakaria, S.Pd I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar